Resensi buku Mental Juara Modal Atlet Berprestasi



Mental Juara Modal Atlet Berprestasi

 



Identitas Buku

Pengarang : Lilik Sudarwati Adi Sasmito S.Psi
Penerbit : PT Rajagafindo Persada
Kota Terbit : Jakarta
Terbit : 2007
Tebal : 145 halaman
Edisi Ke : 1


Sinopsis :

Buku Mental Juara Modal Atlet Berprestasi menjelaskan mengenai aspek aspek atlet  menjadi berprestasi dalam dunia olahraga. Terdapat 3 sub bab dalam buku ini. Diantaranya yakni sub bab Pendahuluan, Aspek Psikolog, Penutup. Di dalam sub bab itu dijelaskan secara lengkap dan detail dalam bidang olahraga.
Pendahuluan berisi tentang cabang olahraga berprestasi yaitu bulutangkis. Bulutangkis merupakan cabang olahraga Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di di kancah internasional. Dari cabang ini telah mencetak banyaki atlet atlet yang mendunia diantaranya Ferry Shonefille, Rudi Hartono, Christian Hadinata, Ade Chandra, Cuncun, Johan W, dan lain lain.
Selain itu ada juga aspek Psikologis yang dalam buku ini yang membahas tentang prestasi atlet, keyakinan diri atlet, motivasi atlet, motivasi berprestasi atlet, setres pada atlet, penetapan sasaran emosi, teori kecemasan, pembinaan mental, atlet, faktor faktor pembentuk mental juara. Seperti contohnya sub judul setres pada atlet dijelaskan mengenai apa sumber stresnya, cara mengatasi stres, dan pengaruh setres terhadap prestasi. Dalam sub bab aspek psikologis ini, bagian sumber setres pada atlet berasal dari dua sisi yaitu luar dan dalam. Sumber setres yang berasal dari dalam disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pikiran negatif, persiapan, tanggung jawab yang berlebihan. Sedangkan cara untuk mengatasi setres pada atlet adalah seperti saat atlet merasa cemas menghadapi pertandingan dia harus berlatih dengan keras dan intensif untuk menghasilkan kepercayaan diri bahwa dia bisa dan siap untuk melaksanakan pertandingan, mencari dukungan sosial seperti contohnya atlet berkonsultasi dengan pelatih untuk membantu  mengatasi masalah masalah yang sedang dicemaskan oleh seorang atlet. Tidak hanya itu, dalam buku ini pembentuk mental juara juga dibahas secara lengkap. Bahwa mental juara merupakan faktor terpenting agar seorang atlet lebih percaya diri untuk mengalahkan lawan nya. Hal ini terjadi karena mental juara yang tertanam pada diri atlet menandakan bahwa seorang atlet itu sudah terlatih sehingga sudah terbiasa dalam mengalah kan lawan lawan nya. Seorang atlet yang  memiliki mental juara cenderung memiliki keyakinan diri, punya motivasi yang tinggi dalam berprestasi, konsisten terhadap tujuannya, selalu berpikir positif, dan lain lain.
Aspek penutup berisi faktor kemenangan atlet profesional yang ditentukan oleh faktor psikologis. Dimana prestasi atlet dalam cabang bulutangkis yang semakin terpuruk. Hal ini dapat dilihat dari gagalnya ganda putra Indonesia melangkah ke babak selanjutnya pada turnamen All England pada beberapa waktu silam. Padahal untuk cabang olahraga bulutangkis, ganda putra selalu menjadi andalan bulutangkis Indonesia.


Keunggulan :

Keunggulan dari buku ini adalah dari segi bacaannya dan kata kata yang digunakan mudah dipahami oleh semua kalangan. Seperti pada kata atau istilah yang berbahasa asing juga sudah di terjemahkan. Jadi pembaca tidak perlu bersusah payah untuk menerjemahkan istilah istilah tersebut. Desain sampulnya sangat menarik sekali dengan warna yang menarik minat pembaca. Buku ini juga dilengkapi oleh gambar gambar yang berwarna sesuai kenyataan lapangan sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi pembaca. Di dalam buku ini disediakan banyak sekali info mengenai prestasi prestasi atlet yang tentunya semakin mendorong para pembaca untuk mengikuti jejak jejak para atlet tersebut. Selain itu, pasti akan timbul motivasi tersendiri dalam diri pembaca setelah membaca buku ini. karena buku ini sangat menginspirasi bagi siapapun.


Kelemahan :

Ada beberapa foto yang pada bagian tertentu di blur. Entah itu tidak layak untuk dilihat atau ada alasan lainnya. Bagian yang di blur itu sangat  menganggu gambar yang sudah terlihat bagus.


Rekomendasi :

Buku ini cocok untuk berbagai kalangan. Terutamanya untuk kalangan pecinta olahraga maupun dari kalangan atlet itu sendiri. Tidak hanya itu kalangan yang lain pun sepererti anak – anak dan mahasiswa juga bisa membaca buku ini karena isinya sangat lengkap dan juga memotivasi bagi siapapun.

Komentar

Posting Komentar